Konsisten Terapkan K3, PHC Capai Skor Tertinggi dalam Pelaksanaan Audit SMK3

Surabaya, 21 Juli 2025 – PT Pelindo Husada Citra (PHC) mencatatkan pencapaian penting dalam komitmen terhadap penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) melalui Audit SMK3 yang dilakukan oleh PT Adji Manajemen Sertifikasi selaku Lembaga Audit SMK3 yang ditunjuk langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI pada Senin (21/07).

Audit SMK3 ini menjadi langkah strategis perusahaan dalam meningkatkan efektivitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi. Sehingga perusahaan dapat berupaya secara maksimal dalam mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, pekerja, dan/atau serikat pekerja.

Dalam sambutannya pada pelaksanaan Audit SMK3 PT PHC Tahun 2025, Plt. Direktur Utama PT Pelindo Husada Citra, dr. Pudji Djanuartono, M.Kes., mengatakan bahwa pelaksanaan Audit SMK3 merupakan bagian dari komitmen PHC dalam mewujudkan kepatuhan penerapan SMK3 terhadap Peraturan Pemerintah RI Nomor 50 Tahun 2012.

“Tercapainya skor 93,75% dalam Audit SMK3 PT PHC Tahun 2025 ini, merupakan upaya PHC dalam penerapan SMK3 sesuai PP 50 Tahun 2012 dimana kepatuhan terhadap regulasi tersebut tidak hanya dilakukan saat audit, melainkan telah diterapkan secara konsisten,” ujar dr. Pudji.

Pada Audit SMK3 Tahun 2025, PHC telah mencapai skor 93,75% dengan predikat “Memuaskan” karena telah memenuhi 60 dari 64 kriteria pada Kategori Tingkat Awal. Skor tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2022, yaitu sebesar 92,18% dengan predikat “Memuaskan” dan pemenuhan 59 dari 64 kriteria pada Kategori Tingkat Awal.

Apresiasi kepada PHC juga diberikan oleh Ketua Tim Auditor SMK3, Ikhwan Suhadak, atas upaya implementasi SMK3 yang telah dilakukan oleh PHC sehingga dapat mencatatkan skor tertinggi, yakni 93,75%, dan PHC direkomendasikan untuk mendapat Sertifikat SMK3  melalui Closing Meeting Audit SMK3.

“Kami sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh PT Pelindo Husada Citra dalam penerapan SMK3 sesuai PP 50 tahun 2012 dengan menjadikan hal tersebut sebagai budaya di lingkungan PHC. Namun, perlu ditingkatkan kembali penerapan SMK3 perusahaan agar kedepannya dapat terpenuhi seluruh kriteria pada Kategori Tingkat Awal bahkan naik ke Katogeri Tingkat Transisi,” ujar Ikhwan.

Hasil Audit SMK3 tersebut berupa Sertifikat SMK3 dari Kemenaker RI yang akan diterima pada awal tahun 2026. Hal ini tentu tidak terlepas dari upaya bersama seluruh Perwira PHC dalam penerapan budaya K3 di lingkungan perusahaan. Harapannya, PHC dapat terus meningkatkan implementasi SMK3 setiap tahunnya.

Tahun Penuh Tantangan, PT PHC Tetap Catat Kinerja Positif

Jakarta, 19 Juni 2025 - Di tengah tekanan eksternal dan internal sepanjang tahun 2024, PT Pelindo Husada Citra (PT PHC) berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 498,4 miliar, hanya turun tipis 0,4% dibanding tahun sebelumnya, dengan laba bersih Rp 12,9 miliar.

Plh. Plt. Direktur Utama PT PHC, RM. Happy Paringhadi, menyampaikan hasil ini dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2024 di Menara Danareksa, Jakarta. “Segmen lain berhasil menopang kinerja, meski ada penurunan di beberapa lini. Kami juga berhasil meningkatkan skor Good Corporate Governance menjadi 88,48% dengan predikat Sangat Baik,” ujarnya.

PT PHC juga berhasil mempertahankan Tingkat Kesehatan Perusahaan dengan peringkat idA-/Stable dari PEFINDO, sementara laporan keuangan konsolidasian mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian dari Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro & Surja (EY).

Sepanjang 2024, Perseroan merealisasikan investasi barang modal senilai Rp 8,8 miliar untuk pengadaan alat kesehatan, renovasi, dan pengembangan fasilitas pendukung.

Sebagai bagian dari Pertamedika IHC, PT PHC mendukung program Environmental, Social, and Governance (ESG), termasuk pembangunan PLTS On Grid 148 kWp bersama Pertamina Power Indonesia, penanaman 10.000 pohon mangrove, dan gerakan paperless. Atas komitmen ini, RS PHC Surabaya meraih Juara 1 Green Hospital Tingkat Nasional dari PERSI.

“Direksi dan Dewan Komisaris akan terus menjaga disiplin keuangan dan operasional, memanfaatkan peluang pertumbuhan jangka panjang dengan dukungan neraca keuangan yang kuat,” tutup RM. Happy Paringhadi.

Vendor Day 2024, Momen PT Pelindo Husada Citra Launching E-Procurement bersama Mitra Kerja

Surabaya, 30 Desember 2024 - Dalam rangka mendukung pertumbuhan bisnis dan penguatan tata kelola perusahaan dengan sinergi positif bersama mitra perusahaan dalam hal pengadaan barang dan jasa, PT Pelindo Husada Citra (PHC) menggelar acara Vendor Day 2024 bertempat di Multipurpose Hall PHC.

Lebih dari 45 perusahaan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan ini. Dimana hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menjalin komunikasi dan memperkuat kemitraan Perusahaan.

"Tema yang diangkat dalam PHC Vendor Day 2024 ini adalah Elevating Partnership and Transforming Procurement Process. Kami percaya dengan melakukan transformasi digital pada proses pengadaan barang dan jasa, akan mendorong kinerja yang produktif, efisien dan transparan bagi pemangku kepentingan," ujar dr. Henny Veirawati Direktur Utama PT PHC.

Lebih lanjut, dr. Henny mengatakan upaya-upaya perusahaan dalam rangka menghadapi perubahan dunia terkait digitalisasi kegiatan pengadaaan barang dan jasa telah diantisipasi dengan sebuah sistem dan best practices global, seperti implementasi ISO Sistem Manajemen Mutu dan ISO Sistem Manajemen Anti Penyuapan.

"Hari ini juga kesempatan bagi kami melaunching E-Procurement, dimana prosedur pengadaan barang dan jasa di lingkungan PT PHC per 1 Januari 2025 akan sudah terdigitalisasi. Harapannya, kami ingin dikenal juga sebagai perusahaan yang enviromentally friendly company, socially responsible company dan good corporate company," jelasnya.

Tak hanya itu, PHC juga memberikan apresiasi penghargaan kepada 4 mitra perusahaan terbaik di kategorinya masing-masing, seperti Best Performance Obat Alat Kesehatan, Best Performance Alat Medis, Best Performance Kontraktor/Konstruksi dan Best Performance Non Medis.

Refreshment juga dilakukan dengan melakukan sosialisasi Good Corporate Governance (GCG), Gratifikasi dan Whistle Blowing System (WBS), Health Safety Security and Environment (HSSE) hingga Contractor Safety Management System (CSMS) oleh Fungsi Compliance dan Fungsi Risk and Quality Management.

Apresiasi Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan, PHC Gelar Customer Gathering

SURABAYA - Sebagai bentuk apresiasi dan terimakasih kepada Mitra Kerja, PT Pelindo Husada Citra (PHC) menggelar agenda Customer Gathering yang diselenggarakan di Hotel Vasa Surabaya pada Rabu (09/10) dengan mengundang perwakilan Perusahaan yang telah setia menggunakan jasa layanan OHIH PHC.

Dalam agenda yang dihadiri 38 orang dari 19 perwakilan Perusahaan tersebut, beragam acara menarik diberikan mulai dari Talkshow, Refreshment dan Simulasi Training P3K hingga pemberian doorprize.

Direktur Utama PT Pelindo Husada Citra dr. Henny Veirawati dalam sambutannya mengatakan, "Tujuan dari diselenggarakannya Customer Gathering ini untuk memberikan apresiasi kepada para Perusahaan yang telah senantiasa memercayakan program kesehatan kerjanya melalui Occupational Health and Industrial Hygiene (OHIH) Clinic nya kepada PHC".

Layanan OHIH Clinic yang juga merupakan layanan unggulan dalam program OHS Center tersebut menawarkan layanan kesehatan komprehensif kepada Perusahaan dengan fokus pada 4 aspek diantaranya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. "Melalui layanan OHS Center, Perusahaan dapat melakukan optimalisasi kondisi kesehatan kerja pegawai untuk menghindari terjadinya gangguan kesehatan akibat kecelakaan kerja dan penyakit lain sehingga meningkatkan efisiensi biaya kesehatan," ujar dr. Henny.

Talkshow Healthy Life for Higher Productivity juga diberikan kepada undangan dengan narasumber dr. Dewa Ayu Liona Dewi, M.Kes., Sp.GK dan Refreshment Basif Life Support oleh dr. Izzatul Abadiyyah, Sp.Ok dari Tim Dokter Spesialis RS PHC Surabaya.

Dalam kesempatan yang sama, PHC juga mengenalkan layanan medSoS (Medical Solution Service), suatu unit usaha dari PHC yang memberikan pelayanan yang sama dengan asuransi melalui layanan Administrative Service Only (ASO).

Fokus ASO-medSoS ini adalah pada kebutuhan dan kemampuan Perusahaan dalam pengelolaan biaya kesehatan pegawai dengan dukungan jaringan provider yang tersebar diseluruh Indonesia dan sistem informasi yang memberikan analisa data secara periodik kepada Perusahaan secara periodik.

#PTPelindoHusadaCitra #RSPHCSurabaya #ASOMedSoS

Management Walktrough di RS PHC Surabaya, Pertamina Subholding Upstream Sampaikan Apresiasi Fasilitas dan Layanan Rumah Sakit

Surabaya, 19 September 2024 - PT Pelindo Husada Citra (PHC) berkesempatan menerima kunjungan kerja dari Manager Health Pertamina Subholding Upstream dan Tim guna berdiskusi serta melihat secara lebih dekat layanan kesehatan yang digunakan oleh Pekerja Pertamina Subholding Upstream di RS PHC Surabaya.

Hadir dalam kunjungan kerja tersebut diantaranya Manager Health Pertamina Subholding Upstream dr. Anton Ojong dan Manager Health Regional 4 Pertamina Subholding Upstream dr. IGN Irwin Purnawarman yang diterima secara langsung oleh Direktur Utama PT Pelindo Husada Citra dr. Henny Veirawati dan Hospital Director of RS PHC Surabaya dr. Pudji Djanuartono.

"Dengan jaringan pelayanan kesehatan yang dimiliki oleh PHC mulai dari RS PHC Surabaya sebagai pusat rujukan, 7 Klinik Medis dan 66 Klinik OHIH yang tersebar diseluruh Indonesia, kami berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan bermutu tinggi sesuai standar terbaik kepada Pertamina Subholding Upstream" ujar dr. Henny Veirawati dalam sesi Management Presentation.

Ia menambahkan, selain memiliki 4 (empat) layanan unggulan seperti Jantung, Ortopedi, Bedah Saraf dan Rehabilitasi Medik, RS PHC Surabaya juga memiliki kemampuan melakukan evakuasi medis baik di darat, udara dan laut.

"RS PHC Surabaya memiliki fasilitas evakuasi medis bagi pasien yang bisa dilakukan mulai dari rujukan rumah sakit tingkat nasional hingga mancanegara, terakhir terdapat evakuasi medis pasien menggunakan private jet rute Surabaya ke Singapura dan ke Australia" ungkap dr. Henny.

Komitmen perusahan terhadap praktik bisnis berkelanjutan juga disampaikan untuk mendukung strategi Pertamina pada aspek ESG. "Seluruh inisiatif ini menunjukkan keseriusan PHC dalam mempraktikkan bisnis yang berkelanjutan di tengah upaya perusahaan memenuhi ketahanan kesehatan nasional. PHC juga memastikan bahwa transformasi hijau terus berlangsung sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) serta penerapan Environmental, Social, Governance (ESG)" imbuh dr. Henny

Dalam kesempatan yang sama, dr. Anton Ojong menyampaikan terimakasih atas kerjasama pelayanan kesehatan yang selama ini diberikan kepada pekerja Pertamina Subholding Upstream. "Kami menilai layanan yang diberikan sudah komprehensif mulai dari aspek preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Fasilitas RS PHC Surabaya sebagai salah satu pusat rujukan juga bagus".

Sebagai satu-satunya rumah sakit BUMN di Surabaya, RS PHC Surabaya memiliki fasilitas yang lengkap dan tenaga medis profesional yang siap memberikan pelayanan medis berkualitas dan berstandar internasional. Tidak hanya itu, RS PHC Surabaya juga menyediakan banyak pilihan dokter spesialis dan sub-spesialis untuk memberi penanganan pada pasien yang membutuhkan perawatan medis secara spesifik dan khusus.

Image

Office Address

  • 121 King Street, Australia
  • example@gmail.com
  • (00) 2500-123-4567

Social List