Tata Kelola Yang Baik

Penerapan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) merupakan landasan bagi terbentuknya sistem, struktur dan budaya perusahaan yang fleksibel serta adaptif atas perubahan lingkungan bisnis yang kompetitif serta mampu membangun system pengendalian internal dan manajemen risiko yang handal.

Prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik sesuai dengan PER-01/MBU/2011 tanggal 01 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) Pada Badan Usaha Milik Negara, meliputi:

  • Transparansi (transparency), yaitu keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengungkapkan informasi material dan relevan mengenai perusahaan;
  • Akuntabilitas (accountability), yaitu kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban Organ sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif;
  • Pertanggungjawaban (responsibility), yaitu kesesuaian di dalam pengelolaan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat;
  • Kemandirian (independency), yaitu keadaan di mana perusahaan dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh/tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat;
  • Kewajaran (fairness), yaitu keadilan dan kesetaraan di dalam memenuhi hak-hak Pemangku Kepentingan(stakeholders) yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan perundang-undangan.

Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik diyakini mampu memperkuat posisi daya saing perusahaan secara berkesinambungan, mengelola sumber daya dan risiko secara lebih efisien dan efektif, meningkatkan corporate value dan kepercayaan investor.

PT Pelindo Husada Citra berkomitmen untuk menerapkan dan menjaga praktek Tata Kelola Perusahaan Yang Baik dengan kualitas dan standar yang tinggi. Penerapan GCG pada PT Pelindo Husada Citra ditujukan untuk menjadikan GCG sebagai bagian dari Budaya Perusahaan, yang pelaksanaannya didukung oleh nilai-nilai perusahaan yang melekat di setiap Insan PT Pelindo Husada Citra.

Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik pada semua organ dan jenjang organisasi secara terencana, terarah, dan terukur sedemikian rupa sehingga penerapan tata keloa perusahaan yang baik dapat berlangsung secara konsisten dan sesuai dengan praktik-praktik terbaik (best practice) penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik.

Sejak tahun 2015, PT Pelindo Husada Citra telah melaksanakan pemutakhiran beberapa aturan internal yang merupakan implementasi dari kaidah Tata Kelola Perusahaan Yang Baik, peraturan perundangan yang berlaku, nilai-nilai budaya yang dianut, visi dan misi serta praktik-praktik terbaik (best practice) penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik, diantaranya :

Board Manual
(unduh dokumen)

Code of Corporate Governance
(unduh dokumen)

Pedoman Pengendalian Gratifikasi
(unduh dokumen)

Pedoman Etika dan Perilaku
(unduh dokumen)

Kebijakan dan Strategi Manajemen Risiko Korporat
(unduh dokumen)

Audit Charter
(unduh dokumen)
_____________________________________________________________________________________________________________

SISTEM MANAJEMEN

RS PHC Surabaya

- Terakreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit No. KARS-SERT/423/IV/2019 berlaku 24 April 2019 s.d 24 Maret 2022
- Terakreditasi The Shipowners’ Club Luxembourg untuk Penyelenggaraan Pre Employment Medical Examination for Seafarers 31 Januari 2019 s.d 31 Januari 2020

PT Prima Citra Nutrindo
- GMP
- HACCP
- Sertifikasi Halal MUI
________________________________________________________________________________________________________________

SISTEM PELAPORAN PELANGGARAN

Sistem pelaporan pelanggaran (whistle blowing system) adalah sistem yang digunakan untuk menerima, mengolah dan menindaklanjuti serta membuat pelaporan atas informasi yang disampaikan oleh pelapor mengenai pelanggaran yang terjadi di lingkungan perusahaan.

Tujuan dari WBS adalah sebagai pedoman dalam mempermudah dan mempercepat proses pelaksanaan penyelesaian pengaduan atas adanya indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh terlapor.


Pelanggaran yang dapat dilaporkan adalah semua perbuatan yang menyimpang atau bertentangan dengan peraturan perusahaan, kode etik, melawan hukum dan segala perbuatan di luar ketentuan yang dapat mengakibatkan kerugian secara materiil maupun penurunan citra perusahaan.
 Kategori pelanggaran meliputi:
  1. Pelanggaran Peraturan Perusahaan;
  2. Pelanggaran Pedoman Etika dan Perilaku;
  3. Penyalahgunaan kewenangan jabatan;
  4. Tindakan yang menyebabkan hilang/berkurangnya pendapatan perusahaan;
  5. Kecurangan/penggelapan/pencurian aset-aset perusahaan;
  6. Pelanggaran dalam proses pengadaan barang dan jasa.
     
Media Pengaduan:
  1. Surat dengan alamat:
    Ketua Tim Terpadu Penanganan Pelanggaran
    PT Pelindo Husada Citra
    Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak Surabaya
  2. Faksimili: (031) 3294804
  3. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.rsphc.co.id