Press Release

SURABAYA - Sebanyak 19 Pemuda dan 19 Ibu-Ibu dari RW 06 dan RW 09 Kelurahan Perak Utara Kecamatan Pabean Cantian Surabaya, mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran, Minggu (23/10). Pelatihan yang diadakan oleh PT Pelindo Husada Citra (PHC) berkolaborasi dengan Karang Taruna Pabean Cantian ini sendiri merupakan salah satu upaya untuk membentuk Masyarakat Siaga Kebakaran (Magakar).

Pelatihan yang disampaikan oleh Agustinus Tri Hartanto dari PBK Tanjung Perak dibantu oleh Tim K3 RS PHC Surabaya di Gelanggang Olahraga RW 06 Perak Utara ini memang bukan tanpa sebab. Menurut data dari Dinas Pemadam Kota Surabaya, sepanjang 2017 tercatat terjadi 321 kebakaran di Kota Pahlawan dengan total kerugian mencapai 18,209 miliar. Apabila masyarakat tidak segera diberikan edukasi dan pelatihan tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran, risiko kerugian materiil dan non materiil dipastikan akan meningkat.

Lurah Perak Utara, Tri Sukoyono dalam sambutannya juga menambahkan, “Dua bulan terakhir, sudah terjadi 4 kebakaran di Wilayah Perak Utara. Dengan adanya pelatihan ini, saya berharap anak-anak muda dan ibu-ibu yang ikut pelatihan mempunyai peran serta melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran secara mandiri. Sehingga apabila memang terjadi kebakaran, diharapkan tidak sampai meluas dan menimbulkan kerugian yang lebih besar”.

Dalam pelatihan ini, setidaknya ada 2 (dua) aspek penting yang diperhatikan oleh panitia untuk menginisiasi terbentuknya Masyarakat Siaga Kebakaran (Magakar) di RW 06 dan RW 09 Perak Utara. Pertama, dimulai dari Sumber Daya Manusia nya, dimana mereka yang diikutsertakan dalam pelatihan ini diberikan pemahaman pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta praktik lapangan memadamkan api menggunakan alat pemadam api tradisional (APAT) dan alat pemadam api ringan (APAR). Kedua, ketersediaan alat pemadam kebakaran itu sendiri. Dalam kesempatan yang sama, untuk mendukung ketersediaan APAR di lingkungan warga RW 06 dan 09, PT PHC melalui Program Bina Lingkungan memberikan bantuan 5 buah APAR kepada RW 06 dan 09 Perak Utara yang akan ditempatkan di tempat-tempat yang strategis, aman dan mudah dijangkau.

Dokter Agus Akhmadi -President Director PT Pelindo Husada Citra (PHC)- menambahkan “Acara ini juga cukup unik, penuh dengan angka 19, sesuai umur PHC dalam melayani masyarakat, dimulai dari sasaran pelatihan 19 pemuda, 19 orang ibu-ibu dan 19 orang panitia.”

Tak hanya terbatas pada pelatihan penanggulangan kebakaran, dalam kesempatan yang sama volunteers dan panitia HUT ke-19 PHC juga melakukan beberapa kegiatan, diantaranya memberikan stiker yang berisikan aksi tanggap saat kebakaran serta beberapa nomor telepon penting yang dapat dihubungi jika terjadi bencana atau kegawatdaruratan.

“Kami bentuk volunteers sebanyak 10 orang, kemudian volunteers ini kami sebar ke sekitar 150 rumah di RW 06 dan RW 09 Perak Utara untuk melakukan edukasi singkat tentang aksi tanggap ketika kebakaran. Edukasi singkat ini tak hanya sebatas pada edukasi, tapi kami juga ingin mendekatkan diri dengan masyarakat, biar ada engagement lebih.” pungkas dokter Agus