Berita

18/12/2019 - 100 Lubang Biopori Untuk Kelola Air Hujan



RS PHC Surabaya - Antisipasi terjadinya genangan air sekaligus meningkatkan daya resap air pada tanah saat hujan, Rabu (18/12) Direksi, Komisaris dan Pegawai PHC Group melakukan aksi simbolis pembuatan 100 biopori di lingkungan RS PHC Surabaya.

Biopori sendiri merupakan lubang berbentuk silindris berdiameter 10 cm yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dan diisi dengan sampah organik seperti daun, rumput dan kulit buah-buahan. Jadi, ketika terjadi hujan dengan intensitas sedang atau tinggi, potensi terjadinya genangan air di area terbuka hijau rumah sakit bisa ditekan dengan adanya biopori yang mempunyai fungsi utama sebagai media daya resap air



Tak hanya itu, pembuatan biopori ini juga bermanfaat untuk pembuangan sampah organik hingga menyuburkan tanah. Hal ini dikarenakan ketika kita memasukkan sampah organik ke dalam lubang, akan terjadi proses biologis yang akan menjadikan sampah tersebut menjadi pupuk kompos. Dengan terbentuknya pupuk kompos di dalam lubang, tentu akan membuat tanah menjadi lebih subur.



Dalam kesempatan yang sama, sebagai wujud komitmen manajemen dalam penerapan green and smart hospital, juga dilakukan simbolis penanaman 1.000 tanaman di area terbuka hijau RS PHC Surabaya. Lahan yang kosong, akan ditanami pucuk merah, cemara hingga buah kelengkeng.(irv)